“Saya merasa seperti bayi”: Pengalaman kelelahan terkait kanker berdasarkan perspektif pria (“I feel like a baby”: A cancer-related fatigue experience based on a male perspective)

Sitasi: Arizona, I. K. L. T., Sukartini, T., & Efendi, F. (2020). “I Feel Like a Baby”: A Cancer-Related Fatigue Experience Based on a Male Perspective. Systematic Reviews in Pharmacy11(6), 1069-1074.

Cancer-Related Fatigue (CRF) merupakan salah satu gejala penyakit kanker akibat penyakit atau pengobatan yang biasanya dialami dengan perasaan subjektif oleh penderita kanker pria dan wanita. Namun, pasien pria cenderung mengabaikannya sehingga gejala tersebut kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman kelelahan pada pasien kanker pria. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan 15 pasien kanker pria yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis menggunakan pendekatan Van Mannen dengan bantuan software NVivo 12. Ada empat tema yang diidentifikasi dalam penelitian ini, yaitu 1) ketidakberdayaan, 2) pemenuhan peran dan tanggung jawab, 3) penyesuaian, dan 4) dukungan sosial. Menurut sebagian besar informan laki-laki, kelelahan adalah ketidakberdayaan dalam menjalani kehidupan. Kelelahan dapat menurunkan predikat laki-laki sebagai individu yang kuat dan maskulin yang berakibat pada penurunan peran dan tanggung jawab. Diperlukan penyesuaian dan dukungan sosial untuk mengatasi masalah tersebut. Kelelahan pada peserta menyebabkan terganggunya peran maskulinitasnya dan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Manajemen keperawatan diharapkan memungkinkan pasien mendapatkan intervensi spesifik yang berorientasi pada kesejahteraan pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *