Research centre REACH

Keterkaitan insomnia dengan penggunaan situs jejaring sosial pada remaja Indonesia (Association between insomnia and social network site use in Indonesian adolescents)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Sitasi: Nursalam, N., Octavia, M., Tristiana, R. D., & Efendi, F. (2019, April). Association between insomnia and social network site use in Indonesian adolescents. In Nursing forum (Vol. 54, No. 2, pp. 149-156).

Tujuan: Kurang tidur dapat menyebabkan masalah fisik dan mental yang serius. Meski kurang tidur di kalangan remaja bukanlah fenomena baru, masalah ini belakangan semakin mendapat perhatian karena seringnya penggunaan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan dukungan keluarga, stres akademik, penggunaan situs jejaring sosial (SNS), dan insomnia pada remaja. Metode: Penelitian cross-sectional ini melibatkan 180 remaja usia 16-17 tahun, dengan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang meliputi frekuensi dan durasi penggunaan media sosial, alasan penggunaan media sosial, dukungan keluarga, stres akademik, dan insomnia. Analisis data menggunakan regresi logistik berganda dengan derajat signifikansi pada P <0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa insomnia dikaitkan dengan durasi penggunaan SNS (P = 0,011), alasan penggunaan SNS (P = 0,004), dan stres akademik (P = 0,013). Frekuensi penggunaan SNS (P = 0,645), jenis SNS (P = 0,965), dan dukungan keluarga (P = 0,150) tidak berhubungan dengan insomnia pada remaja. Kesimpulan: Alasan penggunaan SNS, durasi penggunaan SNS, dan stres akademik merupakan faktor utama yang berhubungan dengan insomnia pada remaja. Komponen ini harus tertanam dalam intervensi pendidikan multikomponen yang ditujukan kepada remaja dan orang tua untuk mengurangi insomnia.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Never miss any important news. Subscribe to our newsletter.

Recent News

× How can I help you?